Computer Based Information System (CBIS)
Pada blog sebelumnya kita sudah membahas apa itu sistem informasi dan komponen komponen dalam sistem informasi tersebut salah sagtu media dalam pengembangan sistem informasi adalah sistem informasi berbasis komputer atau CBIS. pada blog kali ini kita akan membahas CBIS atau sistem informasi berbasis komputer.
CBIS(Computer
Based Information System) adalah sebuah system informasi berbasis komputer yang
mengubah sebuah atau kumpulan data menjadi informasi. Yang memiliki tujuan
menghasilkan suatu informasi yang berkualitas dan dapat membantu manajemen pada
suatu perusahaan atau suatu pihak. Selain perusahaan CBIS juga digunakan banyak
kalangan untuk for fun
CBIS terus
berkembang dari waktu ke waktu karena perkembangan dari CBIS ini juga
bergantung pada perkembangan SDLC/perkembangan software karena CBIS harus terus
mengikuti life cycle agar tidak ketinggalan zaman dan menyesuaikan juga
dengan pengguna. Sampai sekarang sudah terdapat 5 evolusi dari CBIS, berikut
perkembangan evolusi CBIS yang berhasil saya rangkum:
1. Sistem
Inforamasi Akuntansi (SIA)
Sistem Informasi
Akuntansi (SIA) melaksanakan aplikasi akuntansi perusahaan. Aplikasi ini
ditandai dengan volume pengolahan data yang tinggi, dimana Pengolahan data
terdiri dari 4 tugas utama, yaitu pengumpulan data, Menipulasi data,
Penyimpanan data, dan Penyiapan dokumen.
2. Sistem
Informasi Manajemen (SIM)
Pengembangan
dan penggunaan sistem-sistem informasi yang efektif dalam organisasi-organisasi
(Kroenke, David, 1989). Suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan
informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan yang serupa (Mc. Leod,
1995).
3. Sistem
Pendukung Keputusan (DSS)
Sistem
pendukung keputusan (decision support systems disingkat DSS) adalah sistem
komputer yang mengolah data menjadi informasi untuk mengambil keputusan dari
masalah semi-terstruktur yang spesifik.
4. Sistem
Otomasi Kantor (OA)
Otomatisasi
Kantor merupakan sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui
perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan demi meningkatkan produktifitas
pekerjaan.
5. Sistem
Pakar (ES)
Sistem pakar
adalah suatu program komputer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih
pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik.
Dalam
pengembangan/evolusi CBIS tentunya ada pengelolaan dalan pengembangannya
tersebut tentunya ada proses daripada pengelolaan CBIS tersebut:
- Manajer bertanggung jawab dalam mengembangkan dan memelihara CBIS
- Dalam beberapa situasi, manajer harus dapat mengerjakan tugas tanpa bantuan.
- Spesialis informasi memberikan bantuan terhadap manajer apabila diperlukan.
- Dalam pengembangan CBIS, manajer harus merencanakan life cycle
- Mengontrol sumber CBIS untuk menjaga penampilan sistem dengan segala kemampuan, setelah implementasi
Dalam pengelolaan
dan pengembangan CBIS spesialis informasi yang bertugas sebagai pengembang dan
pemelihara CBIS dalam membantu manajer. Karena tentunya manajer tidak dapat
bergerak hanya sendiri dalam mengembangkan CBIS tersebut.
Ada 5 golongan utama
dalam pekerjaan Spesialis Informasi diantaranya adalah :
1. Analis Sistem (system analist)
pekerjaan dari Analis Sistem adalah menganalisi masalah. Kemudian
merancang sistem secara umum seperti membuat flowchart dan sebagainya. Selain
itu Analis Sistem bertugas menentukan software yang digunakan.
2. Pengelola Database
Pekerjaan dari pengelola database adalah Bekerja sama dengan
pemakai dan analis sistem membuat database yang berisi data yang diperlukan
untuk menghasilkan informasi bagi pemakai.
3. Spesialis Jaringan
Spesialis Jaringan Bekerjasama dengan analis sistem dan
pemakai membentuk jaringan komunikasi data yang menyatukan berbagai sumber daya
komputer yang tersebar. Spesialis jaringan menggabungkan keahlian bidang
komputer dan telekomunikasi.
4. Programmer
Programmer menggunakan dokumentasi yang telah disiapkan oleh
analis sistem untuk membuat kode instruksi-instruksi (coding) yang tujuannya
agar komputer mengubah data menjadi informasi yang diperlukan pemakai.
5. Operator
Operator bertugas memantau layar komputer, mengganti
ukuran-ukuran kertas di printer, mengelola perpustakaan tape dan disk storage,
serta melakukan tugas-tugas serupa lainnya.
Pendirian CBIS tentunya dengan maksud untuk membantu manusia
dalam membantu pekerjaannya sehari hari. Manfaat utama dari diciptakannya CBIS
antara lain :
1. Menghemat waktu (Time
Saving)
2. Penghematan biaya(Cost Saving)
3. Peningkatan efektivitas(Effectiveness)
4. Perkembangan teknologi(Technology Development)
5. Pengembangan personel akuntansi
Sistem informasi di masa kini sudah merebak ke banyak bidang yang salah satunya adalah bidang transportasi. Salah satu pengaplikasian dari sistem informasi di bidang transportasi adalah Aplikasi Traveloka. Secara sederhana Traveloka sebenarnya adalah layanan
jual beli tiket pesawat yang sudah terintegrasi dengan booking system
dari meskapai meskapai yang sudah bekerja sama. Traveloka juga menampilkan
dalam aplikasi dan halaman webnya rute-rute penerbangan dan promo-promo dari
setiap meskapai. Selain penerbangan Traveloka juga menyediakan pemesanan hotel secara
online
Traveloka adalah salah satu bentuk penerapan system
informasi di bidang transportasi yang menyediakan layanan pemesanan tiket
pesawat dan pemesanan hotel secara online. Dengan adanya Traveloka kita akan
dipermudah dalam pemesanan tiket. Dimana kita tidak perlu repot datang ke
travel untuk melihat rute dan memesan tiket. Selain itu, kita juga bias memes
tiket tersebut dimanapun dan kapanpun secara online.
Dalam pengelolaan Traveloka dimana keputusan dapat
diambil, dan data bisa dikelola dengan baik. Ada 4 tingkatan dalam system
informasi:
Berdasarkan bagan struktur organisasi dari Travel
ANTARA, maka tanggung jawab dan wewenang masing- masing jabatan dapat diuraikan
sebagai berikut :
Executive Information Systems (EIS)
President Direktur
- Memutuskan
dan menentukan peraturan dan kebijakan tertinggi perusahaan.
- Memimpin
perusahaan dengan membuat kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan
kepentingan perusahaan.
- Mengawasi
dan mengendalikan perusahaan.
Decision Support Systems (DSS)
General Manager
- Mengawasi
dan menjalankan kegiatan perusahaan deengan anggaran yang dimiliki.
- Menjadi
perantara dalam mengkomunikasikan ide,gagasan dan strategti.
Management Information Systems (MIS)
Manager Acciunting
- Membuat
laporan keuangan.
- Mengatur
alur kas
Manager Marketing
- Menjalin
relasi dengan konsumen.
- Memimbing
dan membina karyawan di bagian pemasaran
- Melakukan planing dan analisis pemasaran.
Manager Personalia
- Membantu
General Manager dalam perencanaan dan pengembangan perusaan.
- Melayani
dalam proses perekrutan
- Mengawasi
dan evaluasi kinerja.
Transaction Processing Systems (TPS)
Sales Tour And Travel
- Melayani
feedback konsumen.
- Memantau
kompetitor.
- Menawarkan
dan mempromosikan produk dan jasa kepada konsumen
- Menjual
produk dan jasa Parawisata
Ticketing
- Menjaga
dan memantau stock.
- Menjalankan
segalah kegiatan yang berkaitan dengan transaksi penjualan tiket.
Messenger
- Memproses
data dan pengriman tiket.
- Bekerjasama
dengan ticketing.
Comments
Post a Comment