Computer Based Information System (CBIS)

Pada blog sebelumnya kita sudah membahas apa itu sistem informasi dan komponen komponen dalam sistem informasi tersebut salah sagtu media dalam pengembangan sistem informasi adalah sistem informasi berbasis komputer atau CBIS. pada blog kali ini kita akan membahas CBIS atau sistem informasi berbasis komputer.




CBIS(Computer Based Information System) adalah sebuah system informasi berbasis komputer yang mengubah sebuah atau kumpulan data menjadi informasi. Yang memiliki tujuan menghasilkan suatu informasi yang berkualitas dan dapat membantu manajemen pada suatu perusahaan atau suatu pihak. Selain perusahaan CBIS juga digunakan banyak kalangan untuk for fun

CBIS terus berkembang dari waktu ke waktu karena perkembangan dari CBIS ini juga bergantung pada perkembangan SDLC/perkembangan software karena CBIS harus terus mengikuti life cycle agar tidak ketinggalan zaman dan menyesuaikan juga dengan pengguna. Sampai sekarang sudah terdapat 5 evolusi dari CBIS, berikut perkembangan evolusi CBIS yang berhasil saya rangkum:

1. Sistem Inforamasi Akuntansi (SIA)
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) melaksanakan aplikasi akuntansi perusahaan. Aplikasi ini ditandai dengan volume pengolahan data yang tinggi, dimana Pengolahan data terdiri dari 4 tugas utama, yaitu pengumpulan data, Menipulasi data, Penyimpanan data, dan Penyiapan dokumen.

2. Sistem Informasi Manajemen (SIM)
Pengembangan dan penggunaan sistem-sistem informasi yang efektif dalam organisasi-organisasi (Kroenke, David, 1989). Suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan yang serupa (Mc. Leod, 1995).

3. Sistem Pendukung Keputusan (DSS)
Sistem pendukung keputusan (decision support systems disingkat DSS) adalah sistem komputer yang mengolah data menjadi informasi untuk mengambil keputusan dari masalah semi-terstruktur yang spesifik.

4. Sistem Otomasi Kantor (OA)
Otomatisasi Kantor merupakan sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan demi meningkatkan produktifitas pekerjaan.

5. Sistem Pakar (ES)
Sistem pakar adalah suatu program komputer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik.

Dalam pengembangan/evolusi CBIS tentunya ada pengelolaan dalan pengembangannya tersebut tentunya ada proses daripada pengelolaan CBIS tersebut:
  1. Manajer bertanggung jawab dalam mengembangkan dan memelihara CBIS
  2. Dalam beberapa situasi, manajer harus dapat mengerjakan tugas tanpa bantuan.
  3. Spesialis informasi memberikan bantuan terhadap manajer apabila diperlukan.
  4. Dalam pengembangan CBIS, manajer harus merencanakan life cycle
  5. Mengontrol sumber CBIS untuk menjaga penampilan sistem dengan segala kemampuan, setelah implementasi


Dalam pengelolaan dan pengembangan CBIS spesialis informasi yang bertugas sebagai pengembang dan pemelihara CBIS dalam membantu manajer. Karena tentunya manajer tidak dapat bergerak hanya sendiri dalam mengembangkan CBIS tersebut. 

Ada 5 golongan utama dalam pekerjaan Spesialis Informasi diantaranya adalah :

1. Analis Sistem (system analist)
pekerjaan dari Analis Sistem adalah menganalisi masalah. Kemudian merancang sistem secara umum seperti membuat flowchart dan sebagainya. Selain itu Analis Sistem bertugas menentukan software yang digunakan.

2. Pengelola Database
Pekerjaan dari pengelola database adalah Bekerja sama dengan pemakai dan analis sistem membuat database yang berisi data yang diperlukan untuk menghasilkan informasi bagi pemakai.

3. Spesialis Jaringan
Spesialis Jaringan Bekerjasama dengan analis sistem dan pemakai membentuk jaringan komunikasi data yang menyatukan berbagai sumber daya komputer yang tersebar. Spesialis jaringan menggabungkan keahlian bidang komputer dan telekomunikasi.

4. Programmer
Programmer menggunakan dokumentasi yang telah disiapkan oleh analis sistem untuk membuat kode instruksi-instruksi (coding) yang tujuannya agar komputer mengubah data menjadi informasi yang diperlukan pemakai.

5. Operator
Operator bertugas memantau layar komputer, mengganti ukuran-ukuran kertas di printer, mengelola perpustakaan tape dan disk storage, serta melakukan tugas-tugas serupa lainnya.

Pendirian CBIS tentunya dengan maksud untuk membantu manusia dalam membantu pekerjaannya sehari hari. Manfaat utama dari diciptakannya CBIS antara lain :
1.  Menghemat waktu (Time Saving)
2. Penghematan biaya(Cost Saving)
3. Peningkatan efektivitas(Effectiveness)
4. Perkembangan teknologi(Technology Development)
5. Pengembangan personel akuntansi



Sistem informasi di masa kini sudah merebak ke banyak bidang yang salah satunya adalah bidang transportasi. Salah satu pengaplikasian dari sistem informasi di bidang transportasi adalah Aplikasi Traveloka. Secara sederhana Traveloka sebenarnya adalah layanan jual beli tiket pesawat yang sudah terintegrasi dengan booking system dari meskapai meskapai yang sudah bekerja sama. Traveloka juga menampilkan dalam aplikasi dan halaman webnya rute-rute penerbangan dan promo-promo dari setiap meskapai. Selain penerbangan Traveloka juga menyediakan pemesanan hotel secara online

Traveloka adalah salah satu bentuk penerapan system informasi di bidang transportasi yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan pemesanan hotel secara online. Dengan adanya Traveloka kita akan dipermudah dalam pemesanan tiket. Dimana kita tidak perlu repot datang ke travel untuk melihat rute dan memesan tiket. Selain itu, kita juga bias memes tiket tersebut dimanapun dan kapanpun secara online.

Dalam pengelolaan Traveloka dimana keputusan dapat diambil, dan data bisa dikelola dengan baik. Ada 4 tingkatan dalam system informasi:

Berdasarkan bagan struktur organisasi dari Travel ANTARA, maka tanggung jawab dan wewenang masing- masing jabatan dapat diuraikan sebagai berikut :

Executive Information Systems (EIS)
President Direktur
  • Memutuskan dan menentukan peraturan dan kebijakan tertinggi perusahaan.
  • Memimpin perusahaan dengan membuat kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan kepentingan perusahaan.
  • Mengawasi dan mengendalikan perusahaan.
Decision Support Systems (DSS)
General Manager
  • Mengawasi dan menjalankan kegiatan perusahaan deengan anggaran yang dimiliki.
  • Menjadi perantara dalam mengkomunikasikan ide,gagasan dan strategti.
Management Information Systems (MIS)
Manager Acciunting
  • Membuat laporan keuangan.
  • Mengatur alur kas
Manager Marketing
  • Menjalin relasi dengan konsumen.
  • Memimbing dan membina karyawan di bagian pemasaran
  • Melakukan planing dan analisis pemasaran.
Manager Personalia
  • Membantu General Manager dalam perencanaan dan pengembangan perusaan.
  • Melayani dalam proses perekrutan
  • Mengawasi dan evaluasi kinerja.
Transaction Processing Systems (TPS) 
Sales Tour And Travel
  • Melayani feedback konsumen.
  • Memantau kompetitor.
  • Menawarkan dan mempromosikan produk dan jasa kepada konsumen
  • Menjual produk dan jasa Parawisata
Ticketing
  • Menjaga dan memantau stock.
  • Menjalankan segalah kegiatan yang berkaitan dengan transaksi penjualan tiket.
Messenger
  • Memproses data dan pengriman tiket.
  • Bekerjasama dengan ticketing.

Comments

Popular posts from this blog

ERD (Entity Relationship Diagram)

Perancangan Sistem 2