Sistem dan Teknologi Informasi

Assalamu'alaikum wr. wb. selamat pagi, siang, sore, atau malam pembaca blog Catatan SI Dafa pada kesempartan kali ini saya akan membuat resume dari materi yang sebelumnya telah diberikan oleh Ibu Anggi Perwitasari, S.T., M.T.


PENGERTIAN UMUM

Sistem adalah kumpulan dari lebih dari beberapa elemen yang terhubung terhubung seperti rangkaian, yang bekerja secara teratur demi mencapai satu tujuan yang sama.


Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Dalam penggunaan sehari hari data berarti suatu pernyataan atau fakta yang diterima apa adanya bisa dalam bentuk tulisan, angka, atau variabel


Informasi adalah sebuah atau kumpulan data yang fapat dicerna atau diambil manfaatnya bagi orang yang menerima data tersebut.



TEKNOLOGI INFORMASI


Teknologi informasi adalah istilah untuk mendeskripsikan teknologi teknologi yang memungkinkan manusia untuk mencatat(store), menyimpan(store), mengolah(process), mengambil kembali (retrieve), mengirim(transmit), menerima (receive).

Komponen dalam Teknologi Informasi terbagi atas 5 elemen :
  1. Hardware : hardware atau yang bisa diartikan perangkat keras adalah perangkat dari komputer yang kasat mata dan dapat kita raba secara langsung.
  2. Software : software atau yang apabila diartikan perangkat lunak adalah elemen dalam komputer yang tidak memiliki wujud fisik dan tidak dapat terlihat karena hanya terdiri dari sekumpulan data elektronik.
  3. Firmware : Firmware yang dibahasa indonesiakan artinya perangkat tegar adalah perangkat lunak yang disimpan di penyimpanan read-only yang tidak bisa berubah saat tidak dialiri oleh aliran listrik. Firmware terdiri dari program komputer yang menyediakan kontrol low-level untuk sebuah perangkat keras. 
  4. Brainware : Brainware adalah istilah untuk user dari komputer tersebut
  5. Infoware : Infoware adalah petunjuk yang digunakan untuk menjalankan perangkat.
Di masa kini Teknologi Informasi memiliki banyak sekali fungsi yang tentunya akan bermanfaat pagi penggunanya, seperti mempermudah penyebaran informasi, ilmu pengetahuan, dan bahkan hiburan

Sumber dari segala informasi yang kita dapat sehari hari pada dasarnya terdiri dari 4 sumber :
  1. Pustaka : pustaka terdiri dari makalah makalah ilmiah dan semi ilimiah yang berisi rangkuman dari hasil penelitian di lapangan atau dari hasil pengumpulan data
  2. Media Massa : Informasi yang berada di dalam Media Massa berisi hal-hal yang terjadi di sekitar kita, penyebaran melalui Media Massa bisa menggunakan media seperti koran, televisi, radio, dll.
  3. Lisan : sumber informasi dari lisan biasanya sering diistilahkan dari mulut ke mulut. Penyebaran informasi melalui lisan bisa dilakukan dengan interaksi langsung (bertemu) atau secara tidak langsung(menelpon).
  4. Tulisan : Sumber Informasi menggunakan tulisan biasanya berbentuk Surat ataupun Fax

TEKNOLOGI INFORMASI MASA KINI


Kita pasti sudah pernah melihat atau mungkin pernah mencoba bermain Pokemon GO yang dimana game itu kita berusaha mendapatkan pokemon yang ada disekitaran kita dengan mengakses kamera dan melihat ada pokemon apa saja di dekat kita. Tahukah anda teknologi dibalik permainan tersebut. 


Game Pokemon GO

Selain Pokemon GO konsep yang sama juga digunakan loh di filter Instagram yang biasanya berisi "siapakah saya di masa depan", "berapa umur saya", dll. Sempat terlintas di pikiran bukan, gimana sih cara buatnya?


Yak, jadi dibalik itu semua ada sebuah teknologi yang dinamakan Augmented Reality(AR) atau yang dibahasa kita artinya realitas tertambah. teknologi ini memiliki konsep menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. atau simpelnya teknologi ini berfungsi menyatukan 2 dunia yaitu dunia nyata dan dunia maya. tetapi tidak seperti realitas maya (virtual reality) yang benar benar sepenuhnya menggantikan kenyataan. Realitas tertambah ini hanya seperti menambah atau melengkapi kenyataan.



Sejarah dari Augmented Reality ini sebenarnya sudah lama diciptakan konsepnya. Pertama kali tepatnya tahun 1957 seorang laki laki yang bernama Morton Helig mulai membangun sebuah mesin bernama Sensorama, Mesin ini memberikan  pengalaman sinematis pada seluruh indra pengguna, Mesin ini berbentuk seperti mesin arkade tahun 80an, Mesin ini dapat menyemburkan angin pada pengguna, menggetarkan kursi yang anda duduki, memainkan suara dan memproyeksikan lingkungan di depan dan sisi kepala pengguna dalam sebuah bentuk stereoscopic 3D. Mesin ini merupakan cikal bakal dari Augmented Reality(AR) dan Virtual Reality(VR). Seiring berjalannya waktu Realitas Tertambah ini pun semakin berkembang dan terus berkembang. hingga saat ini di zaman dimana untuk menggunakan realitas tertambah sudah sangat mudah. Dimana kita hanya perlu membuka Smartphone kita dan membuka aplikasi yang bisa menampilkan Realitas Tertambah dengan mengakses kamera Smartphone kita masing masing.


Sebenarnya apa sih fungsi dari Realitas Tertambah tersebut ? Seiring berjalannya waktu manfaat dan fungsi dari Realitas Tertambah ini pun semakin berkembang. Berikut adalah beberapa fungsi dari Realitas Tertambah yang berhasil saya rangkum:



  • Hiburan (Entertaiment) 
Dunia hiburan membutuhkan AR sebagai penunjang efek-efek yang akan dihasilkan oleh hiburan tersebut. Sebagai contohnya seorang pembawa acara hanya perlu berdiri di depan layar hijau atau biru. Yang kemudian dengan teknologi Realitas Tambahan (Augmented Reality) mengubah latar yang berwarna hijau atau biru tersebut dengan animasi cuaca. contoh lain adalah dengan teknologi ini kita bisa membuat filter Instagram seperti yang ditunjukkan di awal blog ini. Selain itu, teknologi ini juga bisa dipakai untuk bermain permainan. Contohya seperti Pokemon GO dimana game tersebut mengakses kamera kita untuk menampilkan ada pokemon apa saja di sekitar kita.

  • Keperluan Militer
Di masa kini dengan alasan keselamatan pihak militer kini juga sudah mulkai mengadaptasi teknologi Realitas Tertambah untuk latihan tempur mereka. Sebagai contoh militer menggunakan AR untuk membuat sebuah permainan perang, dimana prajurit akan masuk kedalam dunia game tersebut dan seolah-olah seperti melakukan perang sesungguhnya.

  • Engineering Design
Fungsi Realitas Tertambah di bidang ini biasanya digunakan oleh desainer yang ingin menampilkan hasil produk mereka kepada klien. agar bisa lebih leluasa dalam mengakses produk mereka biasa menggunakan gambaran dari Realitas Tertambah. selain itu Realitas Tertambah juga bisa digunakan oleh desainer kendaraan untuk mendesain mesin kendaraannya dengan lebih mudah dan sistematis.

  • Consumer Design
Augmented Reality(AR) sekarang juga telah digunakan sebagai media dalam mempromosikan suatu produk. Dimana seorang pengembang membuat brosur virtual untuk menampilkan produk mereka secara 3D kepada konsumen mereka. sehingga dengan ini calon konsumen dapat mengetahui secara jelas produk yang ditawarkan.

  • Kedokteran (Medical)
Di dunia kedokteran atau dunia medis teknologi ini digunakan contohnya sebagai pengenalan operasi, pengenalan pembuatan vaksin virus, dan pengenalan lebih dalam terhadap suatu virus. Bidang kedokteran menerapkan Realitas Tertambah dalam visualisasi penelitian mereka. 

Ya bagaimana? Ada banyak sekali bukan manfaat dari Realitas Tertambah atau Augmented Reality ini. Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan kita dan lebih mengenal dengan apa sih AR itu. Terima kasih telah mampir dan membaca blog saya mohon maaf apabila ada kekurangan. Nantikan blog blog saya yang berikutnya, yang tentunya akan lebih baik dari sebelumnya. jangan lupa untuk selalu bahagia. saya Dafa Arya Nugraha, PEACE OUT!!! Sampai jumpa.


credit :

Comments

  1. Manteb banget gan saya termotivasi belajar setelah baca blognya agan

    ReplyDelete
  2. Mantap sekali. Jangan lupa mampir di blog gua findthend.blogspot.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

ERD (Entity Relationship Diagram)

Project Life Cycle dan Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak

Perancangan Sistem 2